Thursday, July 2, 2015

#ERPUAS01 Transaksi Kelompok

#ERPUAS01 #ERPUAST01

Selamat malam rekan ERP, kembali lagi bersama saya di blog ini akan menjelaskan tentang tugas uas 01 #ERPUAS01 , tugas ini menerangkan mengenai transaksi kelompok sesuai jobdesk masing masing, saya adalah sales dari perusahaan PT. KITA, maka dari itu saya akan menjelaskan transaksi sebagai sales, dan yang pasti berhubungan dengan purchasing dari PT customer.

1. Step #1 masuk ke odoo8 dengan menggunakan SALES USER, namun ketika saya menggunakan user sales, menu customer di odoo kami tidak menunjukan adanya customer (kosong), berikut bukti terkait.

Setelah saya periksa setting, (menurut saya sudah cukup banyak yang diceklis, karena berhubungan dengan jobdesk sebagai sales, dan saya juga telah mencocokan settingan sales user dengan kelompok lain yang tidak mengalami hal seperti ini, namun hasilnya sama saja) berikut penampakan settingan user sales.



Maka dari itu demi kelancaran transaksi saya coba menggunakan admin user untuk melakukan transaksi.

2. Step #2 masuk kebagian sales


3. Melakukan transaksi dengan purchasing dari PT. Macan Jaya

Purchase dari PT. Macan Jaya mengirimkan email berupa permintaan dan didalamnya terdapat REQUEST FOR QUOTATION (RFQ) dari odoo8 kepada saya sales PT. Kita. berikut email terkait.




Di dalam email tersebut terlampir jelas RFQ berikut



1. Kemudian saya sebagai Sales PT. KITA menanggapi dengan email quotation.



Didalam emai tersebut terlampir jelas Quotation sebagai berikut




2. Setelah purchasing PT. MANJA menerima email quotation balasan dari sales PT. KITA, lalu menanggapi dengan mengirimkan email yang berisi PO sebagai berikut.


Di dalam email terlampir jelas PO untuk produk terkait.



3. Setelah menerima PO dari purchasing, saya kemudian memproses produk terkait, setelah oke, langsung mengirimkan email berisi DO sebagai berikut.


Di dalam email tersebut terlampir jelas DO sebagai berikut.


5. Setelah bagian purchasing menerima DO tersebut, setelah produk terkait tiba maka purchasing PT. MANJA membuat bukti warehouse yang akan dikirim kan kepada sales PT. KITA.


Di dalam email tersebut terlampir jelas bukti warehouse.




6. Setelah saya, sales PT . KITA menerima bukti, baru lah saya membuat invoice kepada PT. MANJA agar proses transaksi dapat terselesaikan, berikut email terkait.



Didalam email tersebut terlampir jelas invoice dari PT. KITA.



7. Setelah purchasing PT. MANJA menerima invoice tersebut, kemudian langsung berikan pada bagian finance untuk dapat di tindak lanjuti pembayarannya, dan memberikan email konfirmasi pada sales PT. KITA, berikut email terlampir.




Demikianlah langkah - langkah transaksi antara sales-purchase dari PT. KITA dan PT. MANJA
Semoga informasi ini mampu membantu rekan sekalian, terima kasih.





No comments:

Post a Comment